Author:
• Monday, February 21st, 2011

Banyak dari calon pembeli kami yang belum mengetahui perihal jenis dari kambing yang diperbolehkan untuk digunakan saat ingin melaksanakan aqiqah. Disini kami mencoba ingin menjelaskan jenis kambing, umur kambing yang layak untuk aqiqah. Semoga dengan diberikannya informasi ini, bisa membuat anda lebih mengerti lagi seputar urusan aqiqah.

1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambing yang berjenis kelamin laki-laki atau kambing dengan jenis kelamin perempuan sama saja berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari jalan Ummu Kurz, “….tidak mudharat bagi kamu apakah kambing laki-laki atau kambing perempuan…”

2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu :

  • Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit.
  • Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.

3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

Semoga informasi yang kami berikan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya sehingga tidak ada lagi keraguan saat anda ingin melaksanakan aqiqah.

Sumber: Menanti Buah hati & Hadiah Untuk Yang Dinanti

Category: FAQ  | Tags: ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses

  1. 1
    jumahir karia 

    Duri, Enrekang adalah sebuah daerah penghasil kambing terbaik di sul-sel.Papa (Natti,ippa,dian, dinda,nagisya).mereka adalah sebahagian kecil dari komunitas belantik kambing yang sudah berkecimpung dalam bisnis kambing selama beberapa tahun dan alhamdullah telah dapat menghidupi kebutuhan keluarga dengan usaha ini.

  2. 2
    dtebu 

    banyak sekali kesalah pahaman yang mengatakan bahwa kambing untuk aqiqah haruslah kambing jantan… ternyat kamning betina juga bisa… thx atas infonya… menambah pengetahuan

Leave a Reply