Author:
• Tuesday, March 01st, 2011

Kandang sangat mutlak diperlukan dalam usaha peternakan kambing yang dapat dilakukan secara semi-intensif maupun intensif. Kandang dapat berfungsi sebagai tempat tinggal dan istirahat bagi ternak selama dipelihara pemiliknya. Kandang dan perlengkapannya, termasuk pakan dan air minum sebaiknya sudah harus disiapkan sebelum pengadaan ternak dilakukan.

Memelihara kambing dalam kandang sangat baik karena bisa memberikan perlindungan yang aman bagi ternak. Kandang yang baik tidak selalu dibuat dari bahan-bahan yang mahal. Penggunaan bahan-bahan lokal yang terdapat di daerah setempat sangat membantu mengurangi biaya pembangunan kandang. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat dinding dan lantai kandang adalah bambu dan kayu, sementara untuk atap kandang bisa menggunakan daun kelapa, welit (jerami kering) atau genting.

Pembangunan kandang kambing perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti lokasi, iklim setempat, bahan bangunan, dan kontruksinya. Untuk hal kontruksi kandang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Desain kandang perlu dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan sirkulasi udara, pembersihan kandang, dan keluar masuknya ternak yang dikandangkan.

Adanya kandang untuk hunian ternak kambing dapat memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Ternak kambing dapat terlindung dari hujan, angin dan panas matahari.
  • Ternak kambing aman dari gangguan pencurian.
  • Kemungkinan penularan penyakit dari kambing lain dapat dicegah.
  • Kondisi kambing bisa lebih nyaman dan tetap terjaga.
  • Tata laksana pemeliharaan ternak kambing lebih mudah dilakukan.
  • Peternak kambing bisa memperoleh pupuk kandang dengan lebih mudah.

Sumber: Buku Penggemukan Kambing Potong

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response

  1. [...] Keuntungan Membangun Sebuah Kandang Dalam Beternak Kambing Rubah Bahasa Follow Saya By TwitterIcon.com Trafik Pengunjung Feedjit Live Blog Stats [...]

Leave a Reply