Author:
• Sunday, May 15th, 2011

Untuk mempermudah pemeliharaan ternak, kandang harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Perlengkapan kandang berupa tempat pakan, tempat minum, dan kotak garam. Selain itu, peralatan lain yang perlu dilengkapi adalah alat-alat pembersih kandang seperti sapu, sikat, sabit, alat pengangkut dan pembersih kotoran.

Tempat pakan hijauan untuk kambing betina dewasa memiliki panjang 40 cm per ekor, dan untuk jantan 50 cm per ekor. Bila dibuat memanjang dari sisi depan, tempat pakan hijauan sepanjang 40-50 meter bisa digunakan untuk 100 ekor kambing dewasa.

Untuk kambing remaja, tempat pakan hijauan yang dibutuhkan memiliki panjang 30-35 cm per ekor. Bila dibuat memanjang, tempat pakan hijauan sepanjang 30-35 meter cukup untuk 100 ekor kambing remaja.

Ember bisa dipakai sebagai tempat minum dan diletakkan di sisi kandang yang mudah dicapai. Umumnya, kambing tidak terlalu banyak minum, kecuali induk kambing yang sedang menyusui anak.

Untuk memenuhi kebutuhan kambing terhadap garam mineral, peternak perlu menyediakan kotak kecil untuk garam. Kotak tersebut berukuran 15 cm2 dan terbuat dari kayu. Kotak garam perlu diletakkan di tiap sisi sehingga kambing mudah menjilati garamnya. Satu kotak garam cukup untuk dua ekor kambing.

Sumber: Buku Penggemukan Kambing Potong

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply